Senin, 16 Mei 2016

Model Data

I Nyoman Aris Santika
12101363
PENGERTIAN MODEL DATA & JENISNYA

  PENGERTIAN MODEL DATA
     Sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data dan batasan-batasan data yang terintegrasi di dalam suatu organisasi.

DEFINISI MODEL DATA
    Model Data merupakan suatu cara untuk menjelaskan tentang data-data yang tersimpan dalam basis data dan bagaimana hubungan antar data tersebut secara logika (menurut ; Edhy Sutanta).
    Model Data merupakan sekumpulan konsep untuk menerangkan data,hubungan antar data dan batasan-batasan yang terintegrasi didalam suatu organisasi basis data (menurut ; Linda Marlinda) 

JENIS-JENIS MODEL DATA
     Didalam model data terdapat 2 jenis model data yang penulis jelaskan, yaitu :
  1. Model data berbasis objek
  2. Model data berbasis record
A.Model Data Berbasis Objek
      Merupakan himpunan data dan relasi yang menjelaskan hubungan logik antar data dalam suatu basis data berdasarkan objek datanya. Terdiri dari dua jenis, yaitu :
  • Entity Relationship model

     Model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari objek-object dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara objek-objek tersebut E-R MODEL berisi ketentuan /aturan khusus yang harus dipenuhi oleh isi database. Aturan terpenting adalah MAPPING CARDINSLITIES, yang menentukan jumlah entity yang dpt dikaitkan dengan entity lainnya  melalui relationship-set.
Contoh: 







  • Semantic Model

Hampir sama dengan Entity Relationship model dimana relasi antara objek dasar tidak dinyatakan dengan simbol tetapi menggunakan kata-kata (Semantic). Sebagai contoh, dengan masih menggunakan relasi pada Bank X sebagaimana contoh sebelumnya, dalam semantic model adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
 



B. Model Data Berbasis Record

      Model ini berdasarkan pada record untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logic antar data dalam basis data. Berbeda dengan Object Based Data Model (Model Data Berbasis Object), Model Data ini digunakan untuk menguraikan struktur logika keseluruhan dari suatu database, juga digunakan untuk menguraikan implementasi dari sistem database (higher level
description of implementation)
Terdapat 3 jenis Model Data pada Model Data Berbasis Record, yaitu :
  • Model Relational

Dimana data serta hubungan antar data direpresentasikan oleh sejumlah tabel dan masing-masing tabel terdiri dari beberapa kolom yang namanya unique.
Contoh Model Data Relational.
 


  • Model Hirarki

Dimana data serta hubungan antar data direpresentasikan dengan record dan link (pointer), dimana record-record tersebut disusun dalam bentuk tree (pohon), dan masing-masing node pada tree tersebut merupakan record/grup data elemen dan memiliki hubungan cardinalitas 1:1 dan 1:M.
Contoh Model Hirarki:
 

  • Model Jaringan/Network

Distandarisasi tahun 1971 oleh Database Task Group (DBTG) atau disebut juga model CODASYL (Conference on Data System Language), mirip dengan hirarkical model dimana data dan hubungan antar data direpresentasikan dengan record dan links. Perbedaannya terletak pada susunan record dan linknya yaitu network model menyusun record-record dalam bentuk graph dan menyatakan hubungan cardinalitas 1:1, 1:M dan N:M.
Contoh Model Jaringan/Network:
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar